Tips Surat

Dasar-Dasar Membuat Surat Lamaran

Administrator | Senin, 22 Juli 2013 - 16:14:56 WIB | dibaca: 479 pembaca

Tulisan surat lamaran yang buruk akan mengurangi kesempatan Anda mendapatkan pekerjaan yang baik. Survei dari Lembaga Manajemen Sumber Daya Manusia  menyebutkan bahwa lebih dari 76% HRD tidak akan mempertimbangkan surat lamaran dengan kesalahan dalam pengetikan. Jika beruntung, HRD hanya akan melewatkan surat lamaran terlampir dan menaruhnya dalam tumpukan berkas bersama CV yang Anda kirimkan untuk nanti dipertimbangkan kembali mengisi posisi yang dibutuhkan.

HRD memang dibayar untuk mempehatikan secara detai Surat Lamaran dan CV Anda. Jadi berusahalah menghindari kesalahan umum dalam membuat surat lamaran.

Berikut hal-hal mendasar yang perlu Anda perhatikan:

  1. Sebutkan nama pekerjaan atau posisi yang Anda ingin lamar. HRD sering menampilkan banyak posisi pada iklan lowongan yang mereka terbitkan. Sebutkan dengan jelas posisi mana yang Anda inginkan.
  2. Bentuk Surat yang baik. Banyak sekali referensi contoh surat-surat lamaran, ambillah bentuk surat yang profesional dan buat Surat Lamaran Anda menarik minat HRD untuk membacanya.
  3. Jangan mengulang isi CV dalam surat lamaran Anda. Berikan HRD informasi yang lebih mendalam tentang diri Anda yang tidak tercantum secara detail dalam CV Anda. Sebagai contoh Anda dapat menceritakan salah satu pencapaian terbaik Anda saat menjabat di posisi yang sama dengan yang Anda lamar. Untuk Fresh Graduate dapat menjelaskan kegiatan organisasi Anda, saat di sekolah atau universitas yang dapat mendukung pekerjaan yang Anda inginkan
  4. Jangan katakan bahwa Anda melamar pekerjaan tersebut karena Anda butuh uang, atau mencari kesempatan yang lebih baik, perusahaan yang lebih baik dan sejenisnya yang intinya hanya berkaitan dengan kepentingan Anda. Seimbangkan kepercayaan diri Anda dengan kerendahan hati. Karena jika Anda ingin tampil kompeten namun arogan, akan membuat HRD tidak menyukai Anda, contoh : "Sayalah karyawan terbaik bagi perusahaan Anda”

 

Beberapa poin di bawah ini dapat menjadi acuan tampilan Surat Lamaran Anda:

  1. Tuliskan nama HRD pada kata pembuka apabila memungkinkan (Contoh: Kepada Yth. Ibu Lauren), jika HRD memberikan nama kontak pada iklan lowongan yang mereka terbitkan.
  2. Dalam menggambarkan keahlian dan pengalaman, tuliskan lebih dulu keahlian dan pengalaman yang sangat mendukung posisi yang ingin Anda lamar saat itu.
  3. Gunakan bahasa yang sesuai dengan lowongan yang Anda inginkan
  4. Bandingkan Surat Lamaran Anda dengan contoh-contoh surat lamaran yang Ada.
  5. Berikan HRD cara untuk menghubungi Anda jika mereka tertarik memanggil Anda untuk mngikuti wawancara atau psikotes.
  6. Untuk melamar secara online, pastikan Anda melampirkan CV dan link CV Anda berikan bisa dibuka oleh HRD sebelum Anda mengirimkannya.
  7. Cek kembali ejaan, huruf dan tanda baca.

 

Surat lamaran akan terlihat panjang tetapi merupakan bagian yang penting dalam melamar pekerjaan. Surat lamaran memberikan HRD gambaran awal diri Anda sebelum mereka membaca dokumen penting selanjutnya yaitu CV.










    Komentar Via Website : 0


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)